Anies Baswedan Berjanji Bangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi

Anies Baswedan
Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan dalam Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Minggu (4/2/2024) Malam. (Sumber : Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi andai terpilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Dilansir dari Kompas.com, Anies mengatakan bahwa haji dan umroh wajib dilihat sebagai investasi jangka panjang yang harus dikerjakan oleh negara.

Dengan status sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia pasti mengirimkan jamaah haji dalam jumlah besar setiap tahunnya.

“Setiap tahun, ada haji ada umrah, kenapa kita tak memiliki sumber daya untuk bisa membangun di sana. Kalau kita punya Kampung Haji, maka harapannya bisa menjadi tempat terdepan dan bisa jadi lingkar usaha-usaha milik bangsa Indonesia. Sekarang kita los aja, uang tak kembali ke kita,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/2/2024), dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, Anies juga mengatakan bahwa Kampung Haji akan berpotensi memajukan UMKM lokal yang terkait dengan kuliner serta budaya Indonesia.

Dengan demikian, Anies yakin program Kampung Haji tersebut akan berdampak positif terhadap kegiatan perekonomian rakyat Indonesia.

“Bayangkan kampung ini bisa menampung jamaah bisa dari umrah bisa haji. Disana juga akan menjadi tempat bagi UMKM khususnya makanan Indonesia atau hal-hal yang berbau budaya Indonesia, serta akan memberikan semua pelayanan yang dibutuhkan,” tutur Anies.

“Kita secara tujuan ibadah terjalankan, kegiatan perekonomian bergerak dengan baik. Secara perwakilan ada, dia kan bisa mampir ke Kampung Indonesia dan merasakan Indonesia di tanah suci,” tandasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kemudian berencana melakukan diplomasi untuk menambah kuota haji sebesar 300 ribu jamaah sehingga memangkas waktu tunggu haji, serta reformasi pengelolaan dana haji yang lebih baik lagi.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *