Anies Baswedan-Cak Imin Resmi Dideklarasikan Menjadi Pasangan Capres dan Cawapres

Anies-Cak Imin Resmi Dideklarasikan Menjadi Pasangan Capres dan Cawapres
Anies Baswedan dan Cak Imin dalam Deklarasi Capres-Cawapres di Hotel Majapahit, Surabaya (2/9/2023). (Sumber : Dok_Nasdem TV)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akhirnya resmi dideklarasikan menjadi pasangan Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, acara deklarasi tersebut dilaksanakan di Hotel Majapahit yang berada di kota pahlawan Surabaya pada hari Sabtu (2/9/2023).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketum NasDem, Surya Paloh yang merupakan aktor utama dibalik terpilihnya Cak Imin menjadi Cawapres Anies Baswedan.

Anies, Cak Imin, serta Surya Paloh masing-masing memberikan pidato dalam acara deklarasi Capres dan Cawapres tersebut.

Terpilihnya Cak Imin sebagai Cawapres Anies Baswedan tentu menjadi suatu kejutan besar menjelang Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan dalam setahun mendatang.

Cak Imin sendiri merupakan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sebelumnya bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto.

PKB sendiri sebelumnya tergabung bersama dengan Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam koalisi pendukung Prabowo.

Meski demikian, PKB akhirnya resmi mengundurkan diri dari koalisi pendukung Prabowo tersebut pada Jumat (1/9/2023).

Keputusan mundur tersebut terjadi setelah PKB resmi menerima tawaran dari Nasdem untuk menjadikan Cak Imin sebegai Cawapres Anies Baswedan.

Keputusan Prabowo untuk mengumumkan pergantian nama koalisi pendukungnya dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi Koalisi Indonesia Maju juga disinyalir menjadi penyebab utama PKB merubah arah pelabuhan politiknya.

Dilansir dari Kompas.com, Prabowo Subianto mengumumkan pergantian nama koalisi pendukungnya tersebut ketika memberikan sambutan dalam acara peringatan 25 tahun berdirinya Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Senin (28/8/2023).

PKB sendiri dikabarkan sangat terkejut dengan pergantian nama koalisi tersebut karena mengaku tidak dilibatkan dalam keputusan Prabowo.

Dengan demikian, PKB kini resmi bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama dengan NasDem dan PKS.

PKB juga kini menggantikan partai Demokrat yang hengkang karena kecewa imbas dari digantikannya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) oleh Cak Imin untuk menjadi Cawapres Anies Baswedan.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *