25 Tahun Berdirinya Partai PAN dan Visi Misinya untuk Kedaulatan Pangan di Indonesia

25 Tahun Berdirinya Partai PAN dan Visi Misinya untuk Kedaulatan Pangan di Indonesia
Ketum PAN, Zulkifli Hasan Memberikan Pidato. (Sumber : detikcom/Rifkianto Nugroho)

Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya resmi telah menginjak usia 25 tahun berdiri di kancah perpolitikan Indonesia pada 23 Agustus 2023.

PAN dibentuk pada 23 Agustus 1998 bertepatan dengan masa reformasi yang menjatuhkan Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

Dikutip dari lama resmi, berdirinya PAN tak lepas dari peran Amien Rais yang merupakan tokoh utama dari pergerakan reformasi 1998.

Selain Amien Rais, nama-nama lainnya turut membentuk PAN antara lain : Faisal Basri, M. Hatta Rajasa, Goenawan Mohamad, Rizal Ramli, Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Toety Heraty, Emil Salim, A. M. Fatwa, Zoemrotin, Alvin Lie Ling Piao, dan lainnya.

Semenjak itu pula, PAN mulai menjelma menjadi salah satu kekuatan politik terbesar di Indonesia hingga saat ini..

PAN juga turut melahirkan tokoh-tokoh terkenal seperti Hatta Rajasa, Ketum Zulkifili Hasan, dan nama-nama lainnya yang berperan dalam membawa kesuksesan.

Dilansir dari Tempo, PAN juga berhasil menarik anak-anak muda untuk bergabung ke partai biru tersebut.

“Segmen pemilihnya PAN datang dari masyarakat urban, aktif produktif, termasuk mereka yang rasional dan menengah ke atas,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023 .

PAN merayakan 25 tahun berdirinya partai mereka dalam suatu acara yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Dilansir dari Kumparan, acara tersebut dapat dikatakan seru dan menghibur karena juga diadakan berbagai lomba seperti tarik tambang, balap karung, dan balap bakiak.

Selain lomba, acara 25 tahun berdirinya PAN tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan band musik Tofu dan Ungu.

Acara HUT PAN ke-25 tersebut juga dihadiri oleh Presiden Jokowi serta beberapa tokoh politik lainnya seperti Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

Ketum Parpol lainnya seperti Airlangga Hartarto (Golkar), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (PKB), Yusril Ihza Mahendra (PBB), juga turut diundang ke acara tersebut.

PAN juga tampaknya ingin memanfatkan momentum dari 25 tahun berdirinya partai mereka untuk terus membuat visi dan misi perubahan serta kemajuan.

Dilansir dari Tempo, Zulkifli Hasan menginginkan agar kedaulatan pangan menjadi visi partainya dimana hal itu disampaikan pada acara 25 tahun PAN tersebut.

“Organisasi pangan dunia FAO, memprediksi tahun 2050 berpotensi terjadi bencana kelaparan di dunia yang terjadi sebagai bentuk konsekuensi dari menurunnya hasil panen dan terjadinya gagal panen akibat cepatnya perubahan iklim,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023. 

Zulkifli Hasan yang kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan tersebut juga mengatakan kedaulatan pangan juga menjadi prioritas yang sedang dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Zulkifli mengklaim dirinya sukses mengendalikan kenaikan harga bahan pokok pada saat hari-hari besar keagamaan.

Program ‘Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional’ di 342 lokasi di 301 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang dibentuk Kemendag juga berhasil memecahkan rekor MURI.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *