5 Sektor yang Menjadi Prioritas Utama Anies Baswedan dalam Memberantas Korupsi

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Acara Integritas KPK (17/1/2024). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube KPK RI)

Sebulan menjelang Pilpres 2024, masing-masing ketiga capres hadir dalam acara Paku Integritas di Gedung Merah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu malam (17/1/2023).

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Paku Integritas adalah acara yang telah diselenggarakan KPK sejak 2021.

Dalam acara tersebut, para paslon akan menyampaikan komitmen mereka dalam pemberantasan korupsi sekaligus menandatangani pakta integritas.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan ada beberapa sektor yang menjadi prioritas utama dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, sektor pertama adalah yang berkaitan dengan pendapatan negara, seperti pajak, cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Menurut Anies, sektor ini perlu mendapatkan tindakan yang serius.

Kedua, yaitu sektor sumber daya alam (SDA) khususnya sumber daya laut.

Ketiga, adalah sektor pangan dimana Anies mengatakan bahwa korupsi di sektor ini berdampak amat besar kepada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Keempat adalah sektor layanan dasar pendidikan, kesehatan, dan infrakstruktur.

“Ini memiliki efek yang amat besar pada kualitas pendidikan, kesehatan bahkan kualitas perekonomian karena infraktur yang terganggu oleh praktek-praktek korupsi,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kemudian, sektor kelima yang juga mendapat perhatian serius dari Anies adalah bisnis ilegal, judi, narkoba dan lain-lain.

“Inilah sektor utama yang perlu mendapat perhatian dalam pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *