Andai Terpilih, Anies Baswedan akan Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan
Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan (Sumber : Kolase Tribunnews/Serambinews)

Hanya tinggal 2 bulan mendatang bagi pemerintah Indonesia untuk segera menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Paslon nomor urut 1, Anies-Muhaimin menjadi salah satu kandidat yang paling diunggulkan untuk bisa memenangi Pilpres 2024.

Anies Baswedan bahkan sudah menyiapkan janji yang cukup spektakuler apabila terpilih pada Pilpres 2024 nanti.

Dilansir dari Kompas.com, mantan Gubernur DKI jakarta tersebut berjanji akan membangun 40 kota setara Jakarta andai terpilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Meski demikian, Anies mengungkapkan bahwa pembangunan 40 kota tersebut akan berbeda dengan konsep proyek IKN.

“Bukan dari lahan baru menjadi kota baru, tapi kota-kota yang ada ditingkatkan,” jelas Anies saat menghadiri acara diskusi bersama mahasiswa di Gor Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Anies mengungkapkan bahwa Jakarta hingga saat ini masih menjadi kota yang mempunyai besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) paling tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Tentu hal tersebut menjadi motivasi Anies untuk membuat strategi supaya bisa meningkatkan kota-kota lain dengan harapan agar mempunyai kemampuan ekonomi lebih tinggi.

“Dan di situ dibangun fasilitasnya apa, transportasi umum yang baik kemudian infrastruktur usaha yang baik agar kota-kota ini naik kelas,” imbuhnya.

Anies juga mencontohkan bahwa Sulawesi sudah memiliki PDRB yang cukup besar dan oleh karena itu, daerah lainnya seperti Parepare perlu ditingkatkan

“Itulah yang kita ingin buat bukan dari lahan baru, bukan dari nol,” kata Anies.

Sebab Anies yakin bahwa pemerataan akan segera terealisasi jika berhasil menerapkan konsep tersebut.

“Dengan membangun itu insyaallah pemerataan akan terjadi,” ucap Anies.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *