Andai Terpilih, Anies Baswedan Berjanji Jadikan Gorontalo sebagai Kota Agropolitan

Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan
Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan Mengunjungi Gorontalo untuk Melakukan Kampanye Menjelang Pilpres 2024. (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Anies Baswedan)

Sebulan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengunjungi Gorontalo untuk melakukan kampanye.

Anies tiba di Gorontalo pada Senin (8/1/2024) atau tepat sehari setelah debat ketiga Pilpres 2024 yang dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta (7/1/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menyampaikan visi dan misinya terhadap kota Gorontalo andai terpilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Dilansir dari Kompas.com, Anies berjanji jadikan Gorontalo sebagai Kota Agropolitan dan sekaligus masuk ke dalam program peningkatan 40 kota di seluruh Indonesia.

Janji tersebut disampaikan Anies dalam kampanye yang digelar di Asmara Garden, Serambi Madina, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

“Kita punya program 40 kota yang hendak di-upgrade dan salah satunya adalah Gorontalo, kita ingin menjadikan Gorontalo sebagai agropolitan sebuah kota yang menopang agronomi,” ujarnya.

Menurut Anies, masifnya kegiatan pertanian adalah alasan utama mengapa Gorontalo sangat cocok untuk dijadikan sebagai kawasan agropolitan.

“Harapannya nanti kotanya jadi kota jasa yang memfasilitasi kegiatan pertanian,” tutur dia.

“Yang kedua, meningkatkan nilai tambah atas produk pertanian. Jadi di satu sisi, produk pertanian ini memerlukan pasokan dan kota menjadi penyedia jasanya,” ujar Anies.

“Sehingga bukan hanya menjual komoditas mentah, tapi juga menjual komoditas yang mempunyai nilai tambah, itulah konsepnya,” tutup Anies.

Dilansir dari Wikipedia, Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian (sektor usaha pertanian dalam artian luas) di wilayah sekitarnya.

Gorontalo sendiri terkenal sebagai daerah penghasil jagung yang subur.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *