Anies Baswedan Optimis Raih Suara Terbanyak di Jakarta

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Acara Integritas KPK (17/1/2024). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube KPK RI)

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan optimis akan meraih suara terbanyak di DKI Jakarta.

Hal tersebut beralasan mengingat Anies pernah memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017, dan kemudian memimpin DKI Jakarta selama 5 tahun lamanya.

Anies mengatakan bahwa kota Jakarta selaras dengan visi perubahan yang digagas AMIN.

“InsyaAllah Jakarta berada di dalam barisan perubahan,” kata Anies saat berkunjung di Pondok Pesantren Mirqot Ilmiyah Al-Itqon, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (29/1/2024), dikutip dari Republika.co.id. 

Anies kemudian meminta kepada masyarakat untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) demi mencegah terjadinya kecurangan ketika hari pencoblosan tiba.

“Kepada seluruh masyarakat kami mengajak untuk menggunakan hak suara dan sudah selesai mencoblos, kemudian pulang, pada saat mulai perhitungan, ramai-ramai menjaga TPS-nya (tempat pemungutan suara),” ujarnya. 

Sehingga kemudian, Anies berharap agar terdapat pengawasan ekstra dari masyarakat demi membantu tugas Bawaslu pada tanggal 14 Februari mendatang.

“Awasi saja. Kita berharap semuanya berjalan sesuai rencana, tapi pengawasan yang paling efektif di lapangan oleh seluruh rakyat. membantu Bawaslu menjalankan tugas,” kata Anies. 

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin paling tertinggi di DKI Jakarta dalam periode Agustus-Desember 2023.

Meski demikian, terjadi penurunan angka terhadap elektabilitas Anies-Muhaimin di DKI Jakarta dalam periode tersebut, dari 42,5% (Agustus 2023) menjadi 28,6% (Desember 2023).

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *