Anies Merasa Terhormat setelah PDIP Ingin Kerja Sama dengan PKB untuk Mendukungnya di Pilkada Jakarta

Anies Baswedan
Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan dalam Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Minggu (4/2/2024) Malam. (Sumber : Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah partai politik (parpol) dirumorkan telah menyiapkan beberapa kandidat dari tokoh-tokoh ternama untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

PDIP kini dirumorkan akan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta mendatang.

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah bahkan menyatakan siap bekerja sama dengan PKB demi mendukung Anies Baswedan.

Terkait dengan wacana koalisi PDIP dan PKB tersebut, Anies mengaku merasa terhormat.

“Jadi saya merasa terhormat, saya merasa sangat menghargai dan sambil ini proses mengalir ke depan, kira-kira seperti apa nantinya,” kata Anies di Wisma Sangha Theravada, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2024), dikutip dari Detik.com.

Meski belum bisa mengungkap jika PDIP sebagai wadah terbaiknya untuk maju Pilkada DKI Jakarta, Anies memberi apresiasi dan merasa terhormat kepada partai berlogo banteng tersebut yang berniat mengusungnya.

“Kita lihat, secara umum saya sampaikan apresiasi sekali, sebuah kehormatan yang luar biasa. Saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada partai-partai yang memberikan kepercayaan itu,” ujar Anies, dikutip dari Detik.com.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kemudian mengatakan wacana tersebut sebagai momentum untuk meneruskan suasana ibukota yang cukup kondusif dalam 5 tahun terakhir.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengaku sudah bicara dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terkait Pilkada Jakarta.

Basarah mengatakan ada kemungkinan PDIP akan bekerja sama dengan PKB di Pilkada Jakarta.

Terkait wacana kerja sama PDIP dengan PKB untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta, Basarah kemudian mengatakan masih perlu pertimbangan dan pembahasan yang lebih dalam.

“Kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan,” ujarnya, dikutip dari Detik.com.

“Tapi sekali lagi, tahapan pembicaraan, pembahasan mengenai pilkada DKI Jakarta, dan saya kira pilkada di tempat lainnya, masih proses pengerucutan belum sampai kesimpulan apalagi keputusan,” lanjut Basarah.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *