Anies Pertimbangkan Maju Pilgub DKI Jakarta 2024, Golkar Beri “Peringatan”

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Kampanye Akbar Terakhir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara (10/2/2024). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Anies Baswedan)

Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah tokoh-tokoh ternama telah dirumorkan untuk maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Anies Baswedan yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, dikabarkan mempertimbangkan kembali untuk maju pada Pilgub DKI 2024 mendatang.

Kendati demikian, Partai Golkar memberi “peringatan” kepada Anies soal pernyataannya kepada Prabowo Subianto soal kekuasaan pada debat Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024 lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut Anies harus konsisten dengan pernyataannya untuk tidak berada di dalam kekuasaan.

“Karena jangan sampai apa yang disampaikan oleh beliau dalam debat capres dengan Pak Prabowo siapa yang tidak kuat tidak berada di dalam kekuasaan,” sebut Ace di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2024), dikutip dari Kompas.com.

“Berarti memang selama ini yang ada pihak yang selalu ingin berada di kekuasaan,” sambung Ace.

Ace juga menilai Anies telah menurunkan status dan marwah dirinya andai kembali ikut pada Pilgub DKI 2024 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Golkar Minta Anies Pikir Ulang Maju Pilkada DKI, Singgung Pernyataan Saat Debat Capres”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/05/20/17452411/golkar-minta-anies-pikir-ulang-maju-pilkada-dki-singgung-pernyataan-saat. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6Download aplikasi: https://kmp.im/app6

“Mau turun pangkat lagi dari capres ke cagub lagi begitu? Saya kira tentu ini harus dipikirkan,” ujar Ace.

Meski begitu, ia menyatakan bahwa semua pihak, termasuk Anies memiliki hak untuk mengikuti kontestasi elektoral.

Hanya saja, Ace juga mempertanyakan partai politik (parpol) mana yang bakal mengusung Anies.

“Kan kita tahu bahwa majunya seseorang menjadi kepala daerah itu kan harus mendapatkan dukungan dari partai politik ya. Pertanyaannya adalah, tentu dari partai mana begitu,” tutur dia.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI 2024 mendatang.

Dilansir dari Liputan6.com, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda menyatakan pihaknya sudah mempertimbangkan dukungan kepada Anies untuk menjadi calon gubernur (cagub) di Pilgub DKI Jakarta 2024, kendati PKB belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi.

“Secara tahapan, PKB belum mengeluarkan rekomendasi secata resmi, tapi
dari hasil diskusi obrolan dari teman-teman kanan kiri Mas Anies, kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi,” kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (21/5/2024), dikutip dari Liputan6.com.

“Kita lihat nanti, pendaftaran tanggal berapa ya? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa,” lanjut Huda.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *