Anies Sambut Baik Langkah Ganjar Terkait Hak Angket Dugaan Kecurangan Pilpres 2024

Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Sumber : Sindonews.com/

Lima hari setelah pelaksanaan pesta demokrasi, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta partai pengusung untuk menyampaikan hak angket dugaan kecurangan Pilpres 2024 pada Senin (19/2/2024).

Dilansir dari Detik.com, Ganjar mengungkapkan bahwa hak angket menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban KPU dan Bawaslu.

Menurut Ganjar, hak angket tersebut akan diajukan karena dugaan adanya kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dalam pelaksaan Pilpres 2024.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan merespons baik langkah Ganjar terkait hak angket tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan bahwa partai-partai pengusungnya di dalam koalisi perubahan siap bekerjasama dengan kubu pendukung Ganjar-Mahfud demi melawan berbagai indikasi kecurangan.

“Gini, ketika kita mendengar akan melakukan, kami melihat itu ada inisiatif yang baik dan ketika Pak Ganjar menyampaikan keinginan untuk melakukan angket itu, Fraksi PDI Perjuangan adalah fraksi yang terbesar. Kami yakin bahwa Koalisi Perubahan, Partai NasDem, PKB, PKS, akan siap untuk bersama-sama,” kata Anies di Yusuf Building Law Firm, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024), dikutip dari Detik.com.

Anies juga menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan data-data yang telah ditemukan sebagai bukti untuk disampaikan kepada DPR.

“Saya memandang, dengan adanya inisiatif angket, proses di DPR bisa berjalan. Kami siap dengan data-datanya dan di bawah kepemimpinan fraksi terbesar, maka proses DPR bisa berjalan. Saya yakin partai Koalisi Perubahan siap untuk menjadi bagian dari itu,” ucap Anies.

Cak Imin yang turut mendampingi Anies juga menyatakan bahwa parpol pimpinannya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beserta NasDem dan PKS siap untuk melawan berbagai indikasi kecurangan di Pilpres 2024.

“Siap, tiga partai solid, bukan hanya PKB,” kata Cak Imin.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *