Fakta Lain Terungkap, PKS Tidak Hadir dalam Deklarasi Anies Baswedan dan Cak Imin di Surabaya

Fakta Lain Terungkap, PKS Tidak Hadir dalam Deklarasi Anies Baswedan dan Cak Imin di Surabaya
Logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Sumber : ANTARA/HO-Dok Humas PKS.)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau dipanggil Cak Imin resmi dideklarasikan sebagai pasangan Capres-Cawapres untuk Pemilu 2024.

Dilansir dari CNN, Hotel Majapahit yang berada di kota Surabaya menjadi tempat diadakannya acara deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin pada hari Sabtu (2/9/2023).

Acara tersebut diisi oleh pidato dari Anies, Cak Imin serta Ketum Nasdem yaitu Surya Paloh yang merupakan aktor utama dibalik terpilihnya pasangan Capres-Cawapres tersebut.

Meski demikian, terdapat suatu fakta yang terungkap bahwa PKS ternyata tidak hadir dalam acara deklarasi tersebut.

Dilansir dari Republika, Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sabtu (2/9/2023). “Iya pak. Tidak hadir,” katanya singkat. 

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu juga dikabarkan tidak hadir dalam acara deklarasi tersebut karena akan mengikuti konferensi pers DPP PKS di Jakarta.

Bukan hanya saat deklarasi, PKS ternyata juga ternyata dikabarkan absen untuk kedua kalinya pada pertemuan penting Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) usai pemilihan Cak Imin sebagai Cawapres Anies Baswedan.

Dilansir dari Narasi, Sekjen PKS yaitu Aboe Bakar Al Habsyi semestinya mengikuti pertemuan penting KPP tersebut yang dilaksanakan di Nasdem Tower, Rabu (6/9/2023) tersebut.

Namun nyatanya, tidak ada satupun perwakilan PKS yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Ketidakhadiran PKS dalam 2 acara yang berkaitan dengan terpilihnya Cak Imin sebagai Cawapres Anies Baswedan tentu menimbulkan banyak pertanyaan.

Banyak yang beranggapan bahwa PKS akan mengikuti jejak partai Demokrat yang memutuskan hengkang dari koalisi pendukung Anies.

PKS Tetap Setia dengan Anies

Dibalik banyaknya isu yang beredar, Ketua DPP PKS yaitu Al Muzzammil Yusuf akhirnya angkat bicara.

Dilansir dari Narasi, Al Muzzammil Yusuf mengungkapkan bahwa absennya PKS dalam acara deklarasi tidak berpengaruh apapun.

Menurutnya, PKS tetap mengusung Anies Baswedan sebagai capres serta menghormati sikap Partai Nasdem dan PKB.

Anies yang telah menjalin kerjasama dengan PKS sejak Pilgub 2017 juga seakan mengkonfirmasi pernyataan Al Muzzammil Yusuf tersebut.

Dilansir dari Tempo, Anies mengatakan komunikasi dengan mitra koalisi PKS masih berjalan dengan baik.

Anies menyebut perihal kepastian dukungan PKS secara resmi kepada Cak Imin sedang menunggu proses di internal partai. 

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *