Hasil Rekapitulasi KPU: Anies-Muhaimin Menang di Sumatera Barat

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Kampanye Akbar Terakhir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara (10/2/2024). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Anies Baswedan)

Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih suara paling tertinggi di Sumatera Barat berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Minggu (10/3/2024).

Dilansir dari Kompas.com, perolehan suara pasangan Anies-Muhaimin di Sumatera Barat menembus 1.744.042 suara atau sebesar 56,53%.

Jumlah tersebut cukup menjauhi perolehan paslon nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang meraih 1.217.314 suara atau sebesar 39,45%.

Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD kemudian berada di urutan terakhir dengan hanya memperoleh 123.044 suara atau sebesar 4,02%.

Anies-Muhaimin Unggul di 14 Kabupaten dan Kota

Dilansir dari Kompas.com, pasangan Anies-Muhaimin tercatat unggul di 14 kabupaten dan kota berdasarkan hasil rekapitulasi KPU.

Daftar ke-14 kabupaten dan kota tersebut, antara lain : Padang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Padang Panjang, Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok, Kota Solok, Pasaman, Pasaman Barat, dan Sawahlunto.

Kemudian, pasangan Prabowo-Gibran unggul di Dharmasraya, Pesisir Selatan, Sijunjung, Mentawai, dan Solok Selatan.

Sedangkan, pasangan Ganjar-Mahfud sama sekali tidak unggul di satu pun wilayah Sumatera Barat.

“Hari ini kita sudah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara,” kata Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen kepada wartawan, Minggu (10/3/2024), usai pleno, dikutip dari Kompas.com.

Menurut Surya, pleno KPU berlangsung sejak Minggu (3/3/2024) dan berakhir Minggu (10/3/2023).

“Awalnya kita rencanakan 3 hari, namun karena dinamika rekapitulasi yang membutuhkan penambahan waktu akhirnya bisa diselesaikan hari ini,” kata Surya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *