Kenapa Prabowo Populer di Kalangan Gen Z

Opini
Prabowo Subianto

Seperti yang kita ketahui, anak muda sekarang atau bisa disebut juga disebut gen z, kurang memperhatikan politik yang berada di Indonesia. Ada juga yang tertarik dengan politik Indonesia tapi tidak memahami konsep dasar politik Indonesia dan mereka hanya ikut-ikutan untuk membahas politik saja.

Dari data yang diperoleh poligov pada 5-11 September 2023, dengan jumlah responden 1.200 di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui distribusi kuisoner aplikasi dengan sistem berbasis nomor yang ditetapkan dalam survei ini adalah 2,8%-3%

Data pada 5-11 September 2023 mengatakan bahwa: 33,58% untuk Prabowo; 33.08% untuk Ganjar; dan 15,83% untuk Anies.

Di sini bisa dikatakan bahwa Prabowo dan Ganjar bersaing cukup sengit, dan bahkan masyarakat Indonesia lebih memilih perang ideologi ini untuk menentukan siapa yang akan berhak menjadi presiden selanjutnya.

Di sini kita bisa menyimpulkan bahwa masyrakat Indonesia cenderung memilih Prabowo atau Ganjar. Gen Z lebih banyak memilih Prabowo karena beliau memiliki kepemimpinan yang kuat, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya. Tapi ada satu hal yang membuat gen Z tertarik untuk memilih Prabowo yaitu karena pandangan sosmed.

Banyak orang mengatakan gen z memilih Prabowo karena pandangan sosmed seperti “Feeds Instagram yang rapi dan bagus”, para gen z tertarik akan hal itu, pastinya postingan yang ada di akun Prabowo banyak memperlihatkan kegiatan dan kampanye Prabowo sendiri.

Untuk Ganjar, golongan yang memilih ganjar lebih banyak anak milenial. Anak milenial sendiri dikategorikan orang yang lahir pada tahun 80-90an. Di sini bisa disimpulkan bahwa golongan yang memilih Prabowo mayoritasnya adalah gen Z dan, golongan yang memilih Ganjar mayoritasnya adalah milenial.

Alasan kenapa Prabowo populer di kalangan anak muda

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi, ketenaran yang didapat Prabowo di kelompok muda adalah hasil dari strateginya dan Gerindra untuk mendekatkan diri ke mereka.

Strategi media sosial ini tentu sukses untuk Prabowo bagi kalangan gen Z. Karena gen Z lebih menyukai penggunaan media sosial daripada kampanye ke daerah itu sendiri.

Dia juga menyebut kalau, sepengetahuannya, Prabowo punya tim digital yang dikelola langsung oleh para anak muda. Di sini bisa disimpukan bahwa Prabowo dari dulu sudah dekat atau sudah popular di kalangan anak muda.

Anak muda cenderung melihat program-program yang menguntungkan di masa depan, dan program-programnya Prabowo cenderung mempunyai ide program yang bisa bermanfaat di masa depan.

Mungkin karena itulah Prabowo bisa popular di kalangan anak muda (gen Z) karena cenderung mempunyai ide yang hampir sama dengan anak muda lainnya.

Penulis: Yahya Hansamuda Devilen
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *