Kendati DPP Belum Ambil Keputusan, DPD PSI Cirebon Justru Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

Kendati DPP Belum Ambil Keputusan, DPD PSI Cirebon Justru Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo
PSI Kabupaten Cirebon Sudah Tentukan Arah Dukungan Padahal Anak Jokowi Belum Ambil Langkah Partai Tribun Cirebon/Eki Yulianto Ketua DPD PSI Kabupaten Cirebon, Sunoko (ketiga dari kiri), saat bertemu tim Relawan Ganjar Pranowo. (Sumber : Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah resmi menunjuk Kaesang Pangarep sebagai ketua umum (ketum) baru pada Senin (25/9/2023).

Dalam acara pelantikan yang dilaksanakan di Kopdarnas tersebut, Kaesang akan menggantikan ketum sebelumnya, Giring Ganesha.

Terpilihnya Kaesang sebagai ketum tentu memunculkan pertanyaan kepada siapakah PSI akan memberikan dukungan untuk Pilpres 2024?

Berbeda dengan parpol lainnya, PSI sejauh ini masih belum menentukan pilihan dukungannya kepada masing-masing 3 capres yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Kendati demikian, DPD PSI Cirebon justru membuat manuver dengan memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Dilansir dari Detik, Ketua DPD PSI Kabupaten Cirebon Sunoko mengungkapkan ada alasan kuat yang menjadi dasar mengapa pihaknya akan menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

“Jadi sebelum Pak Ganjar Pranowo ini dimunculkan oleh PDIP sebagai capres, itu ada Rembuk Rakyat di PSI. Dan saat itu muncul satu nama Ganjar Pranowo sebagai Capres,” kata Sunoko di Cirebon, Jumat (29/9/2023).

Langkah DPD PSI Cirebon tersebut tentu menjadi suatu hal yang patut dipertanyakan mengingat DPP PSI masih belum menentukan pilihannya hingga saat ini.

Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall bahkan mengatakan bahwa keputusan PSI Kabupaten Cirebon terbilang liar, sebab tak ada instruksi dari partai, baik dari tingkat pusat maupun wilayah.

“Iya itu nggak resmi. Iya nanti kita tanya habis ini (memanggil pengurus PSI Kabupaten Cirebon). Nanti kita tegur kalau itu memang benar sampai deklarasi, kita tegur,” kata Marshall saat dihubungi detikJabar, Jumat (29/9/2023).

Marshall juga tampaknya siap untuk memberikan sanksi kepada pengurus PSI Kabupaten Cirebon dimana pengurus tersebut bisa diganti jika keputusannya berbeda dengan tingkat pusat.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *