Pemilu  

Klarifikasi Kemenhan setelah Penulisan Tagar Prabowo-Gibran di Akun X Resmi Mereka

Kementerian Pertahanan RI
Kementerian Pertahanan RI. (Sumber : vivanews/Andry Daud)

Sebulan menjelang Pilpres 2024, publik dikejutkan dengan penulisan tagar #PrabowoGibran2024 di akun resmi X Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

Dalam akun resmi mereka bernama @Kemhan_RI, tagar tersebut muncul dalam sebuah unggahan Kemenhan yang menampilkan foto pembangunan mes atau tempat tinggal di Pangkalan TNI Udara (Lanud) Raden Sadjad Natuna, Kep. Riau.

Tentu ini menjadi suatu polemik mengingat Prabowo selaku capres nomor urut 2, saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) yang memimpin Kemenhan.

Terkait dengan polemik tagar yang condong mengarah ke dukungan politik tersebut, pihak Kemenhan akhirnya memberikan klarifikasi.

Dilansir dari Kompas.com, Brigjen Edwin Adrian Sumantha selaku Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemenhan mengatakan tagar tersebut muncul karena faktor ketidaksengajaan dari administrator.

“Terkait berita yang beredar tentang akun X Kemenhan yang mencuit tagar Prabowo-Gibran, perlu kami klarifikasi bahwa hal tersebut terjadi karena adanya ketidaksengajaan atau autotext dari admin Kemenhan dan kesalahan telah diperbaiki,” kata Edwin dalam keterangan tertulis, Senin (22/1/2024).

Brigjen Edwin juga mengatakan pihaknya telah memberikan sanksi berupa teguran keras kepada admin tersebut.

“Dan, admin telah diberikan sanksi teguran keras, karena kurang berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Edwin, dikutip dari Kompas.com.

Brigjen Edwin kembali menegaskan bahwa semua pegawai Kemenhan menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu 2024.

Kemenhan Dilaporkan ke Bawaslu

Setelah polemik tagar tersebut, Kemenhan kemudian dilaporkan oleh Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI pada Selasa (23/1/2024).

Dilansir dari Kompas.com, Kemenhan dilaporkan karena dugaan pelanggaran penggunaan fasilitas negara berupa akun media sosial @Kemhan_RI oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan tim pengelola @Kemhan_RI.

“Substansi yang kami laporkan adalah adanya cuitan di akun resmi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yakni akun resmi X atau twitter di mana ada hashtag salah satu pasangan calon yakni pasangan calon Prabowo-Gibran yg yang mana di dalam hashtag tersebut ada #PrabowoGibran2024,” kata perwakilan Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih, Ibnu Syamsu Hidayat saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Selasa siang (23/1/2024), dikutip dari Kompas.com.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *