Presiden Jokowi Makan Malam dengan Prabowo Subianto, Begini Respons PDIP

Acara Makan Malam Prabowo Subianto dengan Presiden Joko Widodo
Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto Berbincang dengan Presiden Joko Widodo dalam Acara Makan Malam di Rumah Makan Seribu Rasa, Menteng, Jakarta pada Jumat (5/1/2024). (Sumber : dok_instagram @prabowo)

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto bertemu secara empat mata dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara makan malam pada Jumat (5/1/2024).

Dilansir dari CNBCIndonesia.com, acara makan malam di Rumah Makan Seribu Rasa, Menteng tersebut terjadi menjelang debat ketiga Pilpres yang akan dilaksanakan pada Minggu (7/1/2024).

Dalam foto yang diunggah di akun instagram pribadi Prabowo, acara makan malam tersebut terlihat berlangsung hangat dan dengan canda tawa.

Terkait dengan acara makan malam Jokowi dan Prabowo tersebut, Komarudin Watubun yang menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan PDIP memberikan respons.

Komarudin mengatakan pertemuan tersebut seolah mengonfirmasi dukungan Jokowi ke Prabowo.

“Kalau banyak pihak mempertanyakan pertemuan Pak Jokowi dan Pak Prabowo malam ini saya kira wajar-wajar saja, karena pertemuan malam ini seakan-akan mengonfirmasi pernyataan Menkominfo (Budi Arie) kemarin bahwa Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo,” kata Komarudin dalam pernyataannya mengutip Detik, Sabtu (6/1/2024).

Kegiatan Jokowi yang pernah mengumpulkan seluruh gubernur hingga wali kota, serta Bawaslu dan KPU untuk menyampaikan pesan netral di Pemilu turut disinggung Komarudin.

Komarudin mengatakan itu adalah pertama kalinya dalam sejarah, presiden mengumpulkan sejumlah institusi negara.

Menurutnya, Jokowi harus menjadi contoh dari pesan yang disampaikannya tersebut.

“Padahal Pak Jokowi sendiri beberapa waktu ini mengumpulkan seluruh pejabat gubernur, bupati, walikota, KPU dan Bawaslu di setiap jenjang, pusat, daerah kemudian pimpinan TNI-Polri, kepala desa seluruh Indonesia yang mungkin baru pertama kali sejarah dalam Indonesia kepala negara mengumpulkan institusi sebanyak itu dengan pesan harus netral,” ujar Komarudin dikutip dari Detik.

“Nah kalah pesan itu sudah disampaikan kepada rakyat dan ASN maka presiden harus menunjukkan contoh kepada para penyelenggara negara itu. Karena apa? Karena pemilu 2024 ini pemilu yang akan menentukan masa depan Indonesia mau dibawa kemana,” lanjutnya.

Dilansir dari Detik.com, Ari Dwipayana yang menjabat sebagai Koordinator staf khusus presiden mengatakan Jokowi sedang rileks mencoba masakan nusantara di sebuah restoran kawasan Jakarta Pusat tersebut.

Meski demikian, Ari tidak mengetahui persis apa yang dibahas Jokowi dengan Prabowo.

“Malam ini, Bapak Presiden rileks sejenak mencoba masakan nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Bapak Prabowo Subianto,” ujar Ari, kepada wartawan, Jumat (5/1/2024).

“Saya tidak tahu apa yang beliau bicarakan sambil makan malam. Katanya, masakan nusantara di rumah makan itu enak,” sambungnya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *