Jokowi, PSI  

Jokowi Beri Restu Kaesang Gabung PSI?

Jokowi Beri Restu Kaesang Gabung PSI?
Sumber foto: kaltim.tribunnews.com

Santer kabar Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang diisukan bakal bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan kini menjadi sorotan publik di media sosial Twitter (atau X).

Pasalnya, hingga saat ini belum ada keterangan dan pernyataan resmi dari PSI maupun Kaesang hingga saat ini. Isu soal bergabungnya Kaesang ke PSI ini berhembus ketika akun resmi Instagram dan Twitter PSI mengunggah video pendek. Dalam video itu, tampak sosok pria yang diedit menggunakan filter khusus berwarna merah dengan perawakan mirip Kaesang.

Video itu membuat publik heboh dan menduga-duga bahwa sosok tersebut memang Kaesang Pangarep. Pro dan kontra pun bermunculan dari sejumlah pihak pasca isu Kaesang bergabung PSI menguat. Putra bungsu Presiden Jokowi itu terkini digadang menjadi kader PSI yang dilihat dari akun Instagram dan akun Twitter DPP PSI @psi_id pada Rabu (20/9/2023) pukul 18.01 WIB.

Presiden Jokowi sendiri santai menanggapi hal ini. Namun, orang nomor satu di Indonesia ini sempat membeberkan bahwa sang anak sempat meminta doa restu untuk bergabung PSI. Sebagai bapak, Jokowi mengaku tetap mendukung keputusan anaknya.

“Memang biasa di dalam keluarga kalau minta doa restu. Apapun saya yang bilang akan tetap didukung,” ungkap Jokowi pasca groundbreaking Hotel Nusantara pada Kamis (21/09/2023) kemarin.

Senada dengan sang ayah, Gibran selaku kakak Kaesang mengaku tak ambil pusing atas isu tersebut. Menurutnya, kabar Kaesang bergabung dengan PSI bukan urusannya, mengingat dirinya adalah kader PDIP.

“Ya itu urusannya PSI, ya silahkan tanya PSI. Saya kan kader PDI Perjuangan,” ujar Gibran saat ditemui awak media pada Kamis (21/9/2023).

Walaupun tak ingin banyak bicara soal isu Kaesang gabung PSI, Jokowi dan Gibran yang notabene merupakan kader PDIP sendiri masih terikat dengan peraturan mutlak partai mereka.

Aturan yang dimaksud adalah PDIP melarang anggota keluarga kadernya bergabung dengan partai lain. Karena itu jika Kaesang sampai bergabung dengan PSI, maka Jokowi maupun Gibran selaku anggota keluarga Kaesang terancam dikenai sanksi PDIP.

Penulis: Ika Ayuni Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *