Jokowi  

Soal Pertemuan dengan Surya Paloh di Istana Merdeka, Jokowi: Pertemuan Politik Biasa

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo Memberikan Keterangan Pers di Jakarta Convention Center, Jumat (1/9/2023). (Sumber : Kompas.com/Ardito Ramadhan D)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengunjungi Istana Merdeka untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (18/2/2024) malam.

Berbagai spekulasi kemudian beredar setelah pertemuan antar kedua tokoh yang dilangsungkan dalam acara malam tersebut, mengingat ajang Pemilu 2024 baru selesai dilaksanakan 4 hari sebelumnya.

Partai NasDem yang dipimpin Surya Paloh merupakan pengusung utama paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Sedangkan, Jokowi merupakan ayah kandung cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi capres Prabowo Subianto hampir dipastikan memenangi Pilpres 2024 berdasarkan hasil quick count dari berbagai lembaga survei.

Terkait soal pertemuan dengan Surya Paloh, Jokowi akhirnya buka suara.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Jokowi mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut hanyalah pertemuan politik biasa.

Jokowi juga meminta publik untuk tidak berspekulasi mengenai siapa pihak pertama yang mengundang atau meminta bertemu.

“Ya pertemuan politik biasa. bicara masalah politik juga biasa. Saya dua-duanya, enggak perlu lah siapa yang undang. Enggak perlu,” ujarnya.

Jokowi turut mengatakan bahwa pertemuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan negara Indonesia.

“Yang paling penting memang ada pertemuan dan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan kita, bagi negara. Yang paling penting itu,” kata Jokowi usai meresmikan RSPPN Panglima Besar Soedirman di Jl. Veteran Raya, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, terjadi saling klaim antara pihak Istana dengan kubu NasDem terkait pihak pertama yang meminta adanya pertemuan tersebut.

Pihak Istana yang diwakili Koordinator Staf Presiden, Ari Dwipayana sebelumnya menyatakan adanya permohonan Surya Paloh untuk bertemu dengan Jokowi.

“Sebelumnya, Bapak Surya Paloh menyampaikan permohonan untuk menghadap Bapak Presiden,” ujar Ari Dwipayana kepada wartawan, Minggu (18/2/2024), dikutip dari Detik.com.

Kubu NasDem yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim menampik pernyataan pihak Istana tersebut.

Hermawi mengungkapkan Surya Paloh datang ke Istana Merdeka untuk acara makan malam atas undangan Jokowi.

“Hal ini sekaligus meluruskan informasi bahwa Surya Paloh meminta waktu bertemu dengan Presiden Jokowi,” ucap Hermawi dalam keterangannya, Senin (19/2/2024), dikutip dari Kompas.com.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *