Jokowi  

Makna Dasi Kuning yang Dikenakan Jokowi

Presiden Jokowi dengan Dasi Kuningya
Presiden Jokowi Mengenakan Dasi Kuning. (Sumber : Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menyelesaikan tugas kunjungan ke Jepang selama 3 hari dari 16 Desember 2023 hingga 19 Desember 2023.

Meski demikian, ada suatu hal menarik ketika Presiden Jokowi mengenakan dasi kuning dilapisi jas warna biru gelap saat hendak berangkat ke Tokyo dari Lapangan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Sabtu (16/12/2023).

Dilansir dari cnbcindonesia.com, menjadi suatu hal yang cukup langka ketika Jokowi memilih untuk mengenakan dasi kuning.

Tentu saja ini membuat kalangan media bertanya apa makna dari dasi kuning yang dikenakan Jokowi.

Ketika mendengar pertanyaan dari kalangan media tersebut, Jokowi kemudian melihat ke arah dasi kuningnya, memegangnya, dan menjawab sembari tersenyum “Masa gak tahu”.

Publik seketika langsung menghubungkan dasi kuning yang dikenakan Jokowi tersebut dengan partai Golkar.

Golkar sendiri menjadi salah satu parpol terbesar di Indonesia yang identik dengan warna kuning.

Dilansir dari nasional.tempo.co, Jokowi yang sedang berada di Bogor pada 19 Desember 2023 bahkan mengonfirmasi bahwa dirinya nyaman dengan Golkar.

“Nyaman” kata Jokowi sembari tertawa ketika ditanya apakah dirinya nyaman dengan Golkar.

Politikus Partai Golkar, Ravindra Airlangga menyebut dasi berwarna kuning yang dikenakan Jokowi saat kunjungan kerja ke Jepang merupakan tanda kepala negara itu nyaman dengan Golkar.

“Ini kode dari Pak Jokowi. Biasanya, kan, beliau mengenakan dasi warna lain, sekarang berubah kuning. Buat kami partai kuning (Golkar), ini kode Pak Jokowi menunjukkan kenyamanan dengan filosofi Golkar,” kata putra kandung Airlangga Hartarto tersebut di Jakarta, Senin, dilansir Antara.

Golkar sendiri menjadi salah satu parpol pengusung paslon nomor 02 Prabowo Subianto dan putra kandung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *