Partai Gerindra Beri Surat Rekomendasi Ridwan Kamil Maju Pilgub DKI Jakarta 2024

Ridwan Kamil
Mantan Gubernur Jawa Barat 2018-2023, Ridwan Kamil. (Sumber : Biro Adpim Jabar/Adam)

Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah partai politik (parpol) dirumorkan telah menyiapkan beberapa kandidat dari tokoh-tokoh ternama untuk maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan partainya kini telah memberikan surat rekomendasi ke Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub DKI 2024 mendatang.

“Nah, bahwa kemudian soal posisinya Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI,” kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Wakil Ketua DPR RI tersebut juga yakin Partai Golkar akan mengusung RK di DKI Jakarta, bukan Jawa Barat.

“Saya rasa bukan berbeda. Tetapi pasti akan sama. Bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasi maju di DKI Jakarta,” ujar Dasco, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar dan menjabat sebagai wakil ketua umum (waketum).

Respons Partai Golkar

Terkait rekomendasi dari Gerindra tersebut, pihak Partai Golkar memberikan respons.

Ketua DPP Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily mengatakan pihaknya akan mengkaji secara mendalam soal rekomendasi dari Gerindra tersebut.

“Tentu atas berbagai pertimbangan Ketua Umum kami dan tim Pilkada DPP Partai Golkar akan memikirkan atau mengkajinya secara mendalam terkait dengan rekomendasi tersebut,” kata Ace di kompleks DPR RI, Selasa (4/6/2024), dikutip dari Tempo.co.

Ace menyebut Partai Golkar masih mempertimbangkan hasil survei di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Dua-duanya masih mungkin. Sekali lagi kita lihat hasil survei dan tentu ketum kami Pak Airlangga beserta tim pemenangan pemilu dalam penentuan calon kepala daerah akan mempertimbangkan banyak hal,” tutur Ace, dikutip dari Tempo.co.

Sebelumnua, RK mengaku saat ini masih belum mengambil keputusan apapun.

Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut mengatakan, keputusan terkait dimanakah ia akan maju diperkirakan keluar di bulan Juli 2024.

“Kalau boleh terus terang, hari ini itu siapa dengan siapa ke mana, yang saya tahu masih dibahas di level DPP-DPP. Jadi, keputusan ini lebih relevan kelihatannyabulan Juli. Karena sudah mengerucut, sehingga saya pun nanti pengumumannya bukan Ridwan Kamil ke mana? Tapi Ridwan Kamil dengan siapa ke mana,” kata RK saat bertemu di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (31/5/2024), dikutip dari Detik.com.

RK kemudian mengatakan pihaknya baru menerima dua surat tugas dari Partai Golkar, yakni untuk penugasan di DKI Jakarta dan Jabar.

“Per hari ini, kalau Golkar surat tugas saya kan dua ya, dan itu masih berlaku. Dan dari DPP Golkar Pak Airlangga, ya saya baik di Jabar maupun DKI diminta untuk menaikkan persentase elektabilitas. Sehingga nanti ketika waktunya tiba di bulan Juli keputusannya sudah lebih matang,” ucapnya, dikutip dari Detik.com.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *