PDIP  

PDIP Resmi Berkoalisi dengan PKB, PPP, dan Partai Ummat di Pilkada Padang 2024

Deklarasi Koalisi PDIP, PPP, PKB, dan Partai Ummat untuk Pilkada Padang 2024 di Padang, Sabtu (1/6/2024). (Sumber : Viva.co.id/Andri Mardiansyah)
Deklarasi Koalisi PDIP, PPP, PKB, dan Partai Ummat untuk Pilkada Padang 2024 di Padang, Sabtu (1/6/2024). (Sumber : Viva.co.id/Andri Mardiansyah)

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Padang 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah partai politik (parpol) telah bermanuver untuk menyiapkan kekuatan di Pilkada Padang 2024.

PDIP kini telah resmi berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat dalam Pilkada Padang 2024.

Dilansir dari Kompas.com, masing-masing keempat ketua partai yakni Ketua DPC PDIP Albert Hendra Lukman, Ketua DPC PKB Padang Yusri Latief, Ketua DPC PPP Padang Nikki Lauda Hariyona, dan Ketua DPC Partai Ummat Padang Amril Jilha mendeklarasikan koalisi pada Sabtu (1/6/2024) di Padang, Sumatera Barat.

“Kami mendeklarasikan koalisi empat partai yang dinamai Koalisi Kebangkitan Perjuangan
Persatuan Ummat,” kata Ketua DPC PDI P Padang Albert Hendra Lukman usai deklarasi, di Padang, Sabtu (1/6/2024), dikutip dari Kompas.com.

Albert mengatakan koalisi ini sudah bisa mengusung calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilkada Padang 2024.

Di DPRD Padang, PKB mendapatkan 4 kursi, PDIP 3 kursi, PPP 2 kursi, dan Ummat 1 kursi.

“Dari batas minimal 9 kursi untuk mengusung calon, kita sudah punya 10 kursi,” kata Albert, dikutip dari Kompas.com.

Ketua PKB Padang, Yusri Latief mengatakan pihaknya segera membuka penjaringan untuk bakal calon usai deklarasi tersebut.

Sebelum didaftarkan ke KPU, Yusri mengatakan elektabilitas seluruh bakal calon harus tersebut harus diuji terlebih dahulu melalui survei.

“Elektabilitas mereka harus diuji dulu lewat survei. Mereka yang terbaik kita daftarkan ke KPU,” kata Yusri.

Daftar Nama-Nama Calon Kandidat

Sejumlah nama mulai mencalonkan diri dalam Pilkada Padang 2024.

Dilansir dari Kompas.com, selain wali kota petahana Hendri Septa dan wakil wali kota petahana Ekos Albar (keduanya dari PAN), juga muncul nama Ketua DPW NasDem Sumbar dan mantan Wali Kota Padang, Fadly Amran.

Kemudian, ada nama Hidayat, Desrio Putra, dan Syafrial Kani dari Gerindra, Muhammad Ikbal, Muharlion, dan Khairul Ikhwan dari PKS.

Kemudian, dari nonparpol ada Miko Kamal, Alkudri, Sovia Lorent, dan lainnya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PDI-P Deklarasi Koalisi dengan PKB, PPP, dan Partai Ummat pada Pilkada Padang”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/06/01/155225878/pdi-p-deklarasi-koalisi-dengan-pkb-ppp-dan-partai-ummat-pada-pilkada-padang. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *