Prabowo: Rasio Utang Indonesia adalah Salah Satu yang Terendah di Dunia

Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto
Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dalam Debat Ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Debat ketiga Pilpres 2024 telah berhasil dilaksanakan pada Minggu malam (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

Tema debat ketiga Pilpres 2024 tadi malam adalah tentang Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Dalam debat semalam, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto membahas tentang jumlah utang luar negeri yang dimiliki Indonesia.

Dilansir dari Detik.com, Prabowo awalnya mendapatkan pertanyaan dari panelis yang dibacakan moderator tentang resiko intervensi terhadap kedaulatan Indonesia oleh negara pemberi utang.

“Utang luar negeri adalah instrumen pembayaran yang sah, namun ada risiko intervensi kedaulatan oleh negara pemberi utang. Pertanyaannya, apa kebijakan paslon untuk menghindari intervensi kedaulatan Indonesia akibat utang terus bertambah?” demikian pertanyaan dari panelis yang dibacakan moderator.

Prabowo kemudian menjawab bahwa utang Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan PDB.

“Utang luar negeri ternyata Indonesia sekarang utang luar negeri kita sebagai rasio perbandingan terhadap produk domestik bruto kita salah satu terendah di dunia. Jadi masih kita sekitar berada di sekitar 40 persen, sedangkan banyak negara jauh di atas kita,” ucap Prabowo.

Menurutnya, Indonesia harus mampu mengelola utang dengan baik dan juga memperkuat strategi ekonomi yang tepat.

“Kembali lagi dengan manajemen yang prudent dan pengelolaan baik dan dengan strategi ekonomi yang tepat, terutama dengan hilirisasi di mana kita bisa dapat keuntungan sebagai bangsa ini perkuat posisi tawar kita,” ucapnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut juga mengatakan bahwa negara-negara lain sangat menghormati Indonesia karena tidak pernah gagal utang.

Oleh karena itu, Prabowo mengaku tidak perlu khawatir terhadap ancaman intervensi asing.

“Jadi saya kok tidak terlalu khawatir negara lain mau intervensi kita soal utang. Kita sangat-sangat dihormati kita tidak pernah default. Saya keliling dunia, mereka hormat ke Indonesia, kita tidak pernah gagal utang,” ucapnya.

Dengan demikian, Prabowo mengatakan bahwa Indonesia harus memperkuat pertahanan supaya tidak ada negara lain yang berani melakukan intervensi.

“Hanya dengan kekuatan kita akan dihormati dan kita akan amankan kekayaan kita, amankan ekonomi kita, menuju Indonesia makmur, Indonesia kaya,” ucapnya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *