Khofifah Resmi Dukung Prabowo-Gibran, Ganjar Tidak Khawatir

Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Sumber : Instagram/@khofifah.ip)

Sebulan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubernur Jawa Timur resmi menyatakan dukungannya kepada paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Khofifah mengonfirmasi arah dukungannya tersebut di Bandara Juanda, Surabaya sepulangnya dari melaksanakan ibadah umrah, Rabu (10/1/2024).

“InsyaAllah sesuai janji saya, bahwa Januari awal, setelah umrah, saya akan menyampaikan posisi dukungan saya dan saya menyampaikan saya mendukung paslon nomor 2 (Prabowo-Gibran),” kata Khofifah di VIP Room Bandara Juanda.

Selain itu, Khofifah juga berjanji untuk siap bergabung di jajaran juru kampanye nasional (Jurkamnas) dan ia mengaku telah menghubungi Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid.

“Hari ini saya kontak Mas Nusron, sekretaris TKN saya menyampaikan saya sudah pulang umrah. Sesuai janji saya saya siap untuk masuk dalam TKN,” ucapnya.

“Saya bilang silakan saya dimasukkan di dalam tim dan kemudian silakan disampaikan revisi ke KPU pusat, silakan saya dimasukkan sebagai jurkamnas,” tambahnya.

Dengan statusnya yang masih menjadi Gubernur Jawa Timur, Khofifah siap mengikuti regulasi dan SOP, termasuk soal mengajukan cuti apabila sedang turun mengkampanyekan Prabowo-Gibran.

“Saya siap masuk TKN, apa yang menjadi regulasi saya akan ikuti, jadi kalau kita turun kan cuti. Saya akan mengkuti sesuai dengan SOP yang ada,” ujar dia.

Khofifah menyebut bahwa namanya akan segera dicantumkan ke dalam jajaran TKN pada hari ini dan Nusron bakal melaporkannya ke KPU pusat.

“Mas Nusron hari ini katanya akan menyampaikan revisi itu ke KPU pusat dan mungkin besok baru akan diumumkan oleh TKN,” katanya.

Respons Ganjar

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo akhirnya memberikan respons terhadap dukungan Khofifah kepada Prabowo-Gibran.

Dilansir dari Detik.com, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut sangat menghormati keputusan politik Khofifah.

“Kalau Bu Khofifah terus kemudian dia bergabung gitu saya kira itu hak politik ya, hak politik setiap orang saya sangat menghormati,” kata Ganjar di Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

Ganjar juga mengaku bahwa ia bukan capres yang gampang khawatir karena sudah percaya diri sejak awal maju di Pilpres 2024.

“Kami bukan capres yang gampang khawatir, aku confident kok dari awal gitu ya. Kita confident tentu bisa introspeksi, membangun kekuatan, ketemu bersama rakyat, gitu ya. Jadi nggak khawatir,” ucapnya.

Kendati Khofifah telah resmi merapat ke kubu 02, Ganjar yakin bahwa tim pemenangannya di Jawa Timur akan tetap solid.

“Kalau tim kita yang di Jatim sih bergerak terus, solid, apalagi kemarin dalam ulang tahun partai Bu Mega sudah menyampaikan sikapnya terhadap situasi politik nasional dan apa yang mesti dikerjakan oleh kader sehingga hari ini semuanya lagi turun, seperti ini dari fraksi turun, dari temen-temen di DPRD turun, di cabang-canag, ranting-rantung turun gitu ya,” tuturnya.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *