Mahfud MD Resmi Mundur dari Jabatan Menko Polhukam

Mahfud MD
Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD. (Sumber : Instagram/@mohmahfudmd)

Dua pekan menjelang Pilpres 2024, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD resmi mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM pada Rabu (31/1/2024).

Mahfud mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya saat berada di kawasan Pura Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Mahfud yang sedang berada di provinsi Bandar Lampung dalam rangka kampanye, mengaku telah membawa surat pengunduran dirinya untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mahfud juga akan menemui Presiden Jokowi untuk berpamitan, sekaligus menyerahkan surat pengunduran dirinya pada Kamis besok (1/2/2024).

“Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk disampaikan ke presiden tentang masa depan politik saya yang belakangan menjadi perbincangan publik,” kata Mahfud di Danau Tirta Gangga, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (31/1), dikutip dari CNNIndonesia.com.

“Saya akan pamit baik-baik, dan akan menyerahkan surat ini. Presiden baru ada di Jakarta Kamis,” ujarnya.

Sudah Sepakat dengan Ganjar Pranowo

Terkait perihal keputusan mundurnya dari Kabinet Indonesia Maju, Mahfud sebelumnya mengaku telah mencapai kesepakatan dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo untuk melepaskan jabatan Menko Polhukam.

Rencana pengunduran dirinya tersebut sebelumnya juga telah disampaikan dalam acara ‘Tabrak Prof!’ di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Mahfud menjelaskan alasan pengunduran dirinya adalah untuk menghindari konflik kepentingan di Pilpres 2024.

“Bahwa, saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik. Jadi tidak ada pertentangan dengan Pak Ganjar,” ucap Mahfud, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Mahfud MD terpilih menjadi Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju sejak 2019 atau periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *