Tito Karnavian Resmi Terpilih Jadi Plt Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang Resmi Terpilih Jadi Plt Menteri Koordinator, Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) pada Jumat (2/2/2024). (Sumber : Instagram/@titokarnavian)

Dua pekan menjelang Pilpres 2024, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD resmi mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) pada Rabu (31/1/2024).

Setelah menyatakan mundur dari jabatannya saat berada di Lampung Tengah, Mahfud MD kemudian menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka untuk memberikan surat pengunduran diri pada Kamis (1/2/2024).

Untuk menggantikan posisi Mahfud MD, Jokowi kemudian secara resmi menunjuk Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam pada Jumat (2/2/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana memberi pernyataan terkait pemberhentian Mahfud MD dari jabatannya dan terpilihnya Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam.

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” ujar Ari dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com, Jumat (2/2/2024).

“Serta penunjukan Bp. Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024,” lanjutnya.

Berdasarkan Keppres yang sama, Ari mengungkapkan bahwa Tito Karnavian akan menjadi Plt Menko Polhukam setelah ada penggantian secara definitif.

“Sampai adanya Menkopolhukam definitif,” tambah Ari.

Dalam Kabinet Indonesia Maju, Tito Karnavian sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setelah dilantik pada 23 Oktober 2019.

Christopher
Pemerhati & Penganalisa Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *